Macam-macam Perintah Pada Command Prompt Beserta Fungsinya ~ Poejangga degleg

27 Mar 2014

Macam-macam Perintah Pada Command Prompt Beserta Fungsinya

1.      Ping Digunakan untuk mengetahui apakah computer kita sudah konek dengan jaringan atau belum, serta mengetahui kecepatan transfer datanya. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
http://dot-blogspotdotcom.blogspot.com/

2.      Tracert Digunakan untuk melihat rute mana yang dilewati paket untuk sampai ke tujuan dan untuk mendeteksi dimana rute jaringan yang terputus.
Contohnya seperti gambar dibawah ini.
http://dot-blogspotdotcom.blogspot.com/

3.      Ipconfig Perintah ini umumnya digunakan untuk melihat IP address, gateway, DNS server, dan hampir semua informasi dalam suatu jaringan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
http://dot-blogspotdotcom.blogspot.com/
 4.      Nslookup Perintah ini digunakan untuk melihat alamat IP dari domain yang ada pada DNS server. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
http://dot-blogspotdotcom.blogspot.com/

5.      Netstat Perintah ini digunakan untuk mengetahui aktivitas/koneksi jaringan pada komputer yang anda gunakan, serta statistiknya. Perintah ini dapat digunakan juga untuk menampilkan statistik jaringan dari interface pada komputer anda, menampilkan socket network, menampilkan protocol yang digunakan, dll. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
http://dot-blogspotdotcom.blogspot.com/

6.      Route Perintah ini digunakan untuk membuat jalur baru (routing) pada komputer ke suatu jaringan, biasanya pada LAN atau WAN . Kemudian untuk mengetahui proses lalu lintas jaringan anda, untuk mengetahui informasi jalur host, gateway, dan network destination anda untuk paket yang akan dikirim dengan perintah route print, sebenarnya perintah ini sama dengan netstat -r. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
http://dot-blogspotdotcom.blogspot.com/

7.      Telnet Perintah ini digunakan untuk melakukan remote ke perangkat jaringan, seperti Switch atau Router dalam suatau jaringan (LAN, MAN, maupun WAN). Dengan melakukan telnet, hal ini memudahkan administrator jaringan dalam mengelola jaringan dimana saja berada. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
http://dot-blogspotdotcom.blogspot.com/
 8.      Net Perintah ini beragam fungsinya, salah satunya yaitu untuk mengirimkan pesan singkat kepada host dalam suatu LAN dengan perintah net send. Untuk perintah yang lainnya dapat digunakan untuk melihat status-status tertentu pada komputer dan jaringan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
http://dot-blogspotdotcom.blogspot.com/

1 komentar:

  1. Do you realize there is a 12 word phrase you can say to your man... that will trigger deep emotions of love and impulsive attraction for you buried inside his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and care for you with his entire heart...

    12 Words That Trigger A Man's Love Instinct

    This impulse is so built-in to a man's mind that it will drive him to work better than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    As a matter of fact, fueling this dominant impulse is so essential to having the best ever relationship with your man that the second you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will immediately notice him open his soul and mind to you in a way he never experienced before and he will see you as the only woman in the galaxy who has ever truly attracted him.

    BalasHapus